Ekonomi

WIN-HT Berdayakan Ekonomi Rakyat

Pemuda Hanura | Rabu, 29 Januari 2014 - 15:47:47 WIB | dibaca: 466 pembaca

Jakarta - Ribuan warga dari sejumlah wilayah di kawasan Jabodetabek menerima bantuan modal usaha Melalui program WIN-HT Peduli, bantuan tanpa bunga yang diberikan langsung tersebut diharapkan merangsang masyarakat untuk lebih bersemangat menjalankan roda usahanya dan memberdayakan ekonomi rakyat.

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengungkapkan bahwa dirinya dan HT telah menyambangi sejumlah pusat ekonomi masyarakat yang banyak didominasi usaha kecil dan menengah. Hasilnya, pengusaha kecil ini memang harus dibantu dan diperhatikan agar tetap tumbuh. “Saya dan HT juga sudah meninjau ke Tanah Abang, ke saudara kita pengusaha kecil mikro yang berjualan pulsa, sayuran, ikan, dan makanan kecil,” paparnya disela-sela pemberian bantuan modal pada ribuan pedagang kecil di Cawang, Jakarta Timur (27/1).

Oleh karenanya Wiranto berharap bahwa dengan adanya bantuan seperti ini, dapat turut mengembangkan UKM, menguatkan ekonomi kerakyatan dan memunculkan bibit-bibit pengusaha baru di masyarakat. “Jika Indonesia mampu menumbuhkan jumlah pengusaha minimal 2% saja, itu sudah menandakan bahwa bangsa Indonesia sudah maju, sebab kalau misalkan warga di suatu negara 2% saja berniaga, itu tandanya negara itu maju,” ungkapnya.

Program UKM atau usaha keluarga mandiri WIN-HT ini sudah digulirkan sejak sebulan lalu, kali ini program ini bertempat di Cawang, Jakarta Timur. Sejumlah warga yang memperoleh kesempatan mendapatkan bantuan modal dari pasangan WIN-HT mengaku bersyukur. Mereka menilai dana yang diberikan mampu menambah keberlangsungan usaha yang digelutinya. “Dapatnya Rp500.000 dan pembayarannya dicicil Rp3.000 per hari,” ucap Asih (60) seorang ibu asal Bogor.

Hal senada diungkapkan oleh Sarinem (40), warga Bekasi, ia mengatakan proses peminjaman bantuan usaha yang akan ia gunakan untuk modal usaka tersebut tidak sulit. “Hanya menyertakan persyaratan berupa fotokopi KTP dan KK,“ Ujarnya. Dia juga mengaku senang karena program ini dijanjikan akan terus berlanjut pada masa mendatang.

Sementara itu, Hary Tanoe pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa permasalahan yang kerap dialami pengusaha kecil adalah kesulitan untuk mendapatkan dukungan modal baik untuk memulau ataupun mengembangkan usahanya. Ia pun berpesan bahwa nasib tidak akan berubah jika tidak ada usaha untuk mengubahnya. “Apabila hidup kita kekurangan, tidak musti selalu seperti itu, kita bisa mengubah nasib, dan mudah-mudahan melalui dana ini kita dapat membantu untuk mengubah nasib itu,” Ujarnya.

Oleh karenanya ia mengingatkan bahwa bantuan yang diberikan ini jangan dipergunakan untuk konsumsi, “Tetapi gunakanlah sebagai modal untuk memajukan usahanya,” Ingatnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Bappilu Hanura Arya Sinulingga menyampaikan, ada ribuan warga yang berprofesi sebagai pengusaha kecil menengah di Jabodetabek yang berkesempatan memperoleh bantuan usaha dari program ini. “Mereka berasal dari pedagang sayur, pedagang pulsa, pedagang gorengan, dan lainnya,” katanya. Warga-warga yang mendapatkan bantuan program WINHT Peduli meliputi DKI Jakarta sebanyak 400 UMKM, Bekasi 98 UMKM, Kota Bogor 225 UMKM, Kabupaten Bogor 200 serta Depok 300 UMKM,”

Ia menjelaskan, agenda serupa juga akan dilakukan di sejumlah kota besar lainnya, seperti Medan dan Makassar. “Akan dilanjutkan lagi di awal Februari. Jadi program ini tidak hanya berhenti di Jakarta, tapi juga bergerak ke ujung Sumatera dan Sulawesi,” ungkapnya. [hanura.com]










Komentar Via Website : 3
obat gonore di apotik
26 September 2016 - 15:59:59 WIB
obat asam lambung
08 Oktober 2016 - 15:19:03 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)